Minggu, 19 Maret 2017

CONTOH KASUS SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PT. TOYOTA ASTRA MOTOR

SISTEM INFORMASI MANAJEMEN
PT. TOYOTA ASTRA MOTOR

Diajukan Sebagai Syarat Tugas
Mata Kuliah Sistem Informasi Manajemen
Yang Diampu Oleh Don Haidy Abel, ST, M.Sc


 Hasil gambar untuk logo ubhara

Disusun oleh:
Kelompok 3
Amril Huda                 201510325128
Endah Dwi Jayanti     201510325078
Isnadena Rahmah       201510325079
Reza Hanum Sinti       201510325165
Sutanti                         201510325039


Fakultas Ekonomi Manajemen
Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
2017




 
PENERAPAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN
PT TOYOTA ASTRA MOTOR

A.    Latar Belakang
PT Astra International Tbk didirikan pada tahun 1957 dengan nama PT Astra International Incorporated.  Pada tahun 1990, Perseroan mengubah namanya menjadi PT Astra International Tbk. Perusahaan ini telah tercatat di Bursa Efek Jakarta sejak tanggal 4 April1990. Saat ini mayoritas kepemilikan sahamnya dimiliki oleh Jardine Cycle & Carriage's sebesar 50,1%.  
Perseroan berdomisili di Jakarta, Indonesia, dengan kantor pusat di JI. Gaya Motor Raya No. 8, Sunter II, Jakarta. Ruang lingkup kegiatan Perseroan seperti yang tertuang dalam Anggaran Dasarnya adalah perdagangan umum, perindustrian, jasa pertambangan, pengangkutan, pertanian, pembangunan dan jasa konsultasi. Ruang lingkup kegiatan utama entitas anak meliputi perakitan dan penyaluran mobil, sepeda motor berikut suku cadangnya, penjualan dan penyewaan alat berat, pertambangan dan jasa terkait, pengembangan perkebunan, jasa keuangan, infrastruktur dan teknologi informasi.
PT Toyota Astra Motor (TAM) adalah salah satu perusahaan terbesar distributor kendaraan produk Toyota.Saat ini, PT TAM mempunyai cabang yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia, dan pusatnya berada di Jakarta. PT TAM sendiri mempunyai divisi - divisi yang menangani penjualan produk ke pelanggan. Salah satunya yaitu divisi Duty Free Sales, yaitu divisi yang menangani penjualan produk Toyota yang dikhususkan untuk organisasi nonpemerintah / internasional maupun kedutaan asing di Indonesia. 
Divisi Duty Free Sales saat ini mengolah data pelanggan dengan menggunakan aplikasi spreadsheet, dimana aplikasi ini kurang efektif dalam perhitungan dan pencarian data yang kemungkinan akan bertambah dan akan selalu di - update. Selain itu, data yang ada pada  spreadsheet  tidak bisa diakses dan digunakan secara bersamaan, mengingat jumlah karyawan yang banyak dan keperluan akses data yang berbeda - beda. Serta laporan yang tidak dapat disediakan setiap saat, karena pencarian data dan pembuatan laporan membutuhkan waktu yang lama.  Oleh karena itu, PT TAM divisi Duty Free Sales membutuhkan sistem informasi yang membantu perusahaan melakukan kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan proses pengolahan informasi, pencarian, dan pelaporan menjadi lebih baik sehingga operasionalnya menjadi lebih efektif dan efisien.

B.     Gambaran Umum MDP (Monthly Delivery Plan)
MDP Online adalah aplikasi web yang dirancang untuk dapat memberikan layanan data MDP (Monthly Delivery Plan) secara  online kepada  user yang berada di TAM, Main Dealer,  Zone serta  Dealer Cabang. Data MDP berisi data rencana produksi kendaraan beserta nilai aktualnya untuk setiap periode produksi tertentu. Data - data tersebut sangat dibutuhkan oleh TAM, Main Dealer, Zone maupun dealer cabang. Dengan diimplementasikan sistem MDP  Online ini, banyak manfaat yang diperoleh PT TAM, diantaranya penghematan kertas - kertas untuk pendistribusian secara  hardcopy dan laporan - laporan yang dibutuhkan, penghematan tinta  printer berkaitan dengan pendistribusian data dan laporan - laporan yang diperlukan, peningkatan janji delivery kepada  customer karena pihak dealer dapat memberikan data yang tepat secara cepat, peningkatan akurasi data yang berdampak pada berkurangnya tingkat kesalahan dalam pembuatan data, proses distribusi data menjadi lebih cepat dan akurat yang tadinya memerlukan waktu 3 hari untuk distribusi data sampai ke main dealer / dealer sekarang hanya butuh waktu 10 menit saja maka pihak main dealer / main dealer sudah menerima data, proses resived lebih cepat untuk proses pengiriman atau pembatalan pengiriman dari  main dealer / dealer yang diinformasikan kepada pelanggan yang tadinya hanya dilakukan 2 kali dalam seminggu sekarang dapat dilakukan setiap jam.
Sistem informasi MDP Online yang diimplementasikan di PT. Toyota Astra Motor bertujuan untuk menangani distribusi data kepada  main dealer / dealar mengenai data kendaraan yang diproduksi untuk membantu  main dealer / dealar, memberikan janji delivery kepada customer. Untuk dapat merencanakan aktivitas penjualan dengan baik sehingga dapat mencapai target yang telah ditetapkan, PT. Toyota Astra Motor memberikan informasi mengenai produk kendaraan yang didistribusikan setiap bulannya melalui  Monthly Delivery Plan (MDP).
 
C.     Aplikator
Didalam perusahaan ini terdapat tiga peran aktor, yaitu:
  1. Admin gudang, yaitu orang yang bertugas dan memiliki hak akses untuk mengelola data mobil dan mengelola data user.
  2. Admin toyota, yaitu orang yang bertugas untuk mengelola data kedutaan dan data pelanggan.
  3. Manager, yaitu orang yang bertugas untuk mengubah status dokumen dan melihat laporan penjualan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar