Sabtu, 11 Maret 2017

SISTEM INFORMASI MANAJEMEN





Diajukan Sebagai Syarat Tugas
Mata Kuliah Sistem Informasi Manajemen
Yang Diampu oleh Don Haidy Abel ST, M.Sc
                             
           
Nama Kelompok 1 :

1. Agatha Christin
2. Deddy Sukma
3. Dede Latifah
4. Gandang Wardhany
5. Ratna Indriyani
6. Tiara Zein Fitriana


Fakultas Ekonomi Manajemen
Universitas Bhayangkara
2017









DATA, INFORMASI, DAN MANAJEMEN INFORMASI

·            Data adalah fakta mentah yang harus di kelola hingga dapat menghasilkan suatu informasi yang berguna bagi organisasi ataupun perusahaan.
·           Informasi adalah hasil dari pengolahan data yang telah terorganisir dan di interpretasikan menjadi sebuah pengetahuan yang dapat digunakan oleh manajemen dalam pengambilan keputusan.
·         Data yang baru akan memiliki arti sebagai informasi setelah ditafsirkan melalui 5K, yaitu:
1. Kondensasi          : Meringkas data, menghilangkan yang tidak dibutuhkan
2. Kontektualisasi     : Memahami mengapa data dikumpulkan
3. Kalkulasi               : Menganalisa data yang telah dikumpulkan
4.Kategorisasi           : Satuan analisa yang diketahui
5. Koreksi                  : Memeriksa kembali data yang telah didapatkan dan                                                 menghilangkan 
kesalahan

·     Pengetahuan terdiri dari data informasi setelah ditafsirkan dan diproses sehingga memberikan pemahaman dan pengalaman yang dapat diaplikasikan.

·        Komponen pengetahuan:
1. Intuisi
2. Kebenaran dasar
3. Kemampuan membuat nilai
4. Pengalaman
5. Asumsi
6. Kepercayaan
7. Intelejensi

·         Kandungan informasi
1. Benar atau salah
    Informasi berhubungan dengan kebenaran terhadap kenyataan. Jika penerima
    informasi yang salah mempercayainya, efek nya seperti kalau informasi itu
    benar.
2. Baru
    Informasi benar-benar baru bagi si penerima.
3. Tambahan
     Informasi dapat memperbaharui atau memberikan perubahan terhadap
     informasi yang telah ada.
4. Korektif
    Informasi dapat digunakan untuk melakukan koreksi terhadap informasi yang
    telah ada, sehingga keyakinan terhadap informasi semakin meningkat.

·         Penyebab informasi yang berlebihan:
1. People                         : Dipengaruhi oleh tingkat pendidikan, motivasi, dan                                                  pengalaman
2. Technology                  : Ketidakmampuan untuk membedakan fakta atau hoax
3. Organization                : Tidak terstruktur dengan baik
4. Process/Task               : Ketidakjelasan tugas/job
5. Information Atribute     : Data yang tidak jelas sumbernya sehingga                                                                
menghasilkan informasi yang tidak jelas

·     Solusi nya:
1. Menyaring informasi mana yang paling dibutuhkan
2. Menentukan informasi yang penting
3. Membatasi informasi yang diterima
4. Mendalami teknologi terkini
5. Mencegah penyebaran pesan ke seluruh karyawan
6. Membuat stanndarisasi komunikasi
7. Mampu mengolah dan menyampaikan informasi dengan cara yang benar

·         Kualitas informasi ditentukan dengan:

1. Time Dimension (Dimensi Waktu)
Ø  Ketepatan waktu
Kapan informasi dibutukan oleh manager, maka pada saat itu juga manager dapat memperolehnya
Ø  Update
Seberapa baru informasi yang disajikan (kekinian)
Ø  Frekuensi
Seberapa sering informasi di update atau diperbaharui dalam satu periode tertentu
Ø  Periode Waktu
pembagian waktu yang jelas pada informasi tersebut (masa lalu, masa kini, dan masa yang akan datang)

2. Content Dimension (Dimensi Isi)
Ø  Keakuratan informasi
Informasi yang disediakan harus tepat dan akurat, bebas dari kesalahan sehingga manager tidak mengambil keputusan yang salah
Ø  Relevansi
informasi yang berkaitan dengan kebutuhan manager
Ø  Kelengkapan
Informasi yang disajikan tidak boleh setengah-setengah atau tidak lengkap
Ø  Cakupan
Ruang lingkup informasi sesuai dengan kebutuhan
Ø  Kinerja
Informasi yang diberikan mampu memberikan manfaat kepada manager dalam mengambil keputusan

3. Form Dimension (Dimensi Bentuk)
Ø  Kejelasan
Informasi yang disajikan tidak berbelit-belit serta tidak menggunakan bahasa yang sulit dimengerti
Ø  Rinci
Informasi yang diberikan bersifat detail
Ø  Urutan
Informasi yang disajikan harus sesuai urutan
Ø  Presentasi
Bagaimana informasi yang disajikan dapat dipresentasikan dengan menarik mempermudah manager dalam mengerti informasi tersebut
Ø  Media
penggunaan seperti video, audio, media cetak, atau elektronik dalam mempresentasikan informasi nya kepada manager

·         Manajemen informasi adalah suatu teknik untuk bisa mengatur informasi sehingga mudah dicaridan digunakan kembali oleh pemakai.

ALUR PENGOLAHAN INFORMASI



MODEL SISTEM UMUM PERUSAHAAN

·         Model system umum pada perusahaan adalah dimana penyederhanaan objek yang terdiri dari berbagai jenis model yang digunakan oleh perusahaan dan kegunaan model itu sendiri untuk mempermudah pengertian, komunikasi, dan memperkirakan masa depan.
·         Jenis-jenis model:

1. Model fisik. Model yang menggambarkan entity dengan 3 dimensi, berukuran
    lebih kecil dari asli nya.
    contohnya: boneka dan mobil-mobilan
2. Model naratif. Model yang menjelaskan entity dengan tertulis atau lisan,
    digunakan sehari-hari.
    contohnya: komputer (penjelasan tertulis), dan sistem komunikasi
    (penjelasan lisan)

·         Kegunaan model:
1. Mempermudah pengertian
2. Mempermudah komunikasi
3. Memperkirakan masa depan

·                  Perusahaan biasa nya menggunakan model sistem informasi fisik dan konseptual sebagai perwujudan manager dalam pengambilan keputusan dan memecahkan masalah pada perusahaan tersebut.
·         Model sitem fisik:
1. Arus material
2. Arus personil
3. Arus mesin
4. Arus uang


·         Model sistem konseptual:
1. Sistem simpul tertutup: sistem yang mempunyai simpul feedback dan mekanisme kontrol
2. Sistem simpul terbuka: sistem yang tidak mempunyai simpul feedback dan mekanisme 
kontrol













   



Tidak ada komentar:

Posting Komentar