CONTOH KASUS SISTEM MANAJEMEN INFORMASI DI PT Telekomuinikasi
Indonesia(TELKOM),Tbk
Diajukan Sebagai Syarat Tugas
Mata Kuliah Sistem Informasi Manajemen
Yang Diampu oleh Don Haidy Abel ST, M.Sc
Nama kelompok 6 :
1.Arman Alif Bakar
2.Gabriella Caesaria
3.Muhamad Revaldy Juniansyah
4.Mustika Putri Suryawan
5.Yayan Aeniah
Fakultas Ekonomi Manajemen
Universitas Bhayangkara
2017
PT Telekomuinikasi Indonesia(TELKOM),Tbk
adalah satu-satunya BUMN telekomunikasi serta penyelenggara layanan
telekomunikasi dan jaringan terbesar di Indonesia. Telkom Group melayani jutaan
pelanggan di seluruh Indonesia dengan rangkaian lengkap layanan telekomunikasi
yang mencakup sambungan telepon kabel tidak bergerak dan telepon nirkabel tidak
bergerak, komunikasi seluler, layanan jaringan dan interkoneksi serta
layanan internet dan komunikasi data.Telkom Group juga menyediakan berbagai
layanan di bidang informasi, media dan edutainment, termasuk cloud-based and
server-based managed services, layanan e-Payment dan IT enabler, e-Commerce dan
layanan portal lainnya.
Suatu sistem
terdiri dari sejumlah komponen yang saling berinteraksi, yang artinya saling
bekerjasama membentuk suatu kesatuan. Komponen-komponen sistem atau
elemen-elemen sistem dapat berupa subsistem atau bagian-bagian dari
sistem. Setiap sistem selalu mengandung komponen-komponen atau
subsistem-subsistem. Setiap subsistem mempunyai sifat-sifat dari subsistem
untuk menjalankan suatu fungsi tertentu dan mempengaruhi proses sistem secara
keseluruhan. Suatu sistem dapat mempunyai suatu sistem yang lebih besar disebut
dengan supra sistem.
Terdapat 5 aktivitas dasar pengolahan informasi dalam
sistem informasi, yaitu:
1. Sumber Daya Input Data (Input
2. Pemrosesan Data kedalam Informasi (Processing)
3. Output Produk Informasi (Output)
4. Penyimpanan Data, Model, dan Pengetahuan Sumber
Daya
5. Kontrol Kinerja Sistem
Untuk berjalanya sitem
tersebut pt telkom memfasilitasi proses kerja seluruh
karyawan, Telkom membangun infrastruktur komunikasi yang terintegrasi
untuk mempermudah koordinasi kebijakan dan sosialisasi strategi
bisnis Perusahaan antara pembuat kebijakan, pengelola SDM dan karyawan.
Infrastruktur tersebut adalah website Human Capital & General Affairs yang
dapat diakses oleh karyawan yang ingin mengetahui berbagai kebijakan dan
informasi lain terkait pengelolaan dan pengembangan SDM.Selain itu,
layanan-layanan SDM berbasis TI yangtelah kami kembangkan sejak tahun 2009
terus dioptimalkan, seperti Sasaran Kerja Individu (“SKI”) online, absensi
online, Surat PerintahPerjalanan Dinas (“SPPD”) online, cuti
online, career online dan Training Need Analysis (“TNA”) online. Telkom juga
menerapkan berbagai aplikasi TI seperti proses otomatisasi bisnis perusahaan
baik berupa nota dinas elektronik, virtual meeting, shared files, online
survei, dan intranet.
Pada bulan Oktober 2007
Perusahaan telah mendirikan media relasi karyawan dan pusat pelayanan SDM untuk
memastikan isu-isu yang berhubungan dengan karyawan dapat ditanganidan
dikomunikasikan secara efektif. Telkom juga menyiapkan sarana telepon, layanan
personal, email dan website agar dapat memfasilitasi komunikasi antara
karyawan dan pihak SDM. Entitas anak kami juga menerapkan beragam strategi
komunikasi agar fungsi SDM dapat dirasakan oleh seluruh karyawan.
Dalam PT TELKOM hampir
setiap divisi atau fungsi bisnisnya menggunakan sistem informasi manajemen yang
dapat mendukung berbagai kegiatan aktivitas atau proses bisnisnya, seperti
Sistem Informasi Pemasaran, Sistem Informasi Akuntansi, Sistem Informasi
Pergudangan, Sistem Informasi HR Department. Dan dalam paper ini kami akan
memfokuskan para Sistem Informasi HR Department. Berikut adalah sistem
informasi manajemen berbasis web untuk manajemen sumber daya manusia di PT
TELKOM. Web dapat diakses melalui portal.telkom.co.id.
Portal Telkom dapat diakses
oleh seluruh pegawai telkom, namun ada beberapa fitur yang hanya
dikhususkan oleh manager untuk dapat melalkukan proses bisnis tertentu.
Salah satu bentuk Kolaborasi Online juga dengan adanya
fitur shared files dan TCU Library, dimana antara pegawai dapat berbagai file
melalui portal dan dapat mengunduhnya disaat yang dibutuhkan. Portal Telkom
juga menyediakan fitur yang dapat memonitor kesehatan para pegawainya, yaitu
Yankees Online dimana didalamnya ada data pribadi saudata, formulir pengajuan
restitusi, pengecekan kelengkapan dokumen restitusi, hasil medical check-up,
modul medical record dan informasi tentang biaya pengobatan baik pegawai maupun
keluarga pegawai.
Sebagai perusahaan yang
telah Go-Public Telkom juga menyediakan fitur Employee Stock Ownership Program
Online yang menyediakan pergerakan harga saham PT Telkom.
Telkom Learning Card juga
disediakan oleh Portal Telkom yang didalamnya ada daftar pelatihan.
Portal Telkom juga
menyediakan SPT Secara Online dan Sistem Informasi Pensiun Dini, Cuti,
Beasiswa, dan Etika Bisnis.
Urusan Dinas Portal Telkom
juga menyediakan fitur-fitur yang dapat membantu operasionalnya, Seperti Surat
Perintah Perjalanan Dinas yang didalamnya terdapat Informasi top manager kepada
pegawai nya mengenai perintah perjalanan dinas maupun pengajuan perjalanan
dinas yang disetujui
Portal Web Telkom juga
menyediakan fitur Distinct Job Manjual dimana didalamnya dijelaskan peran dan
tanggung jawab dari job title pegawai tersebut, kemana mereka melapor, Job
description, Job Resources, Job Authority, Job Requirement, Job Path dan
Aktivitas Terkait lainnya.
Selanjutnya adalah Aplikasi
Sasaran Kerja Individu (SKI Online).Aplikasi SKI Online merupakan salah satu
pengimplementasian aplikasi paperless office dan Workflow System yang mengubah
data-data hardcopy kedalam bentuk softcopy. Cara kerja dari aplikasi SKI
Online ini adalah dengan menggunakan media Aplikasi berbasis WEB, yang
berfungsi untuk melakukan input/ mamasukkan data data hardcopy berupa data
dokumen SKI, NKI, atau Laporan Berkala. Dokumen-dokumen ini nantinya akan
mengikuti suatu alur proses kerja yang telah ditentukan. Alur proses dari
dokumen-dokumen ini secara transparan dapat diamati dan dilihat oleh seluruh
karyawan yang terlibat dalam proses tersebut.
Dengan adanya aplikasi SKI
Online, seluruh dokumen dapat diamati oleh setiap karyawan. Sehingga setiap
karyawan dapat melihat kegiatan penyusunan dokumen-dokumen bawahan atau
atasannya. Keuntungan lainnya adalah proses pembuatan Dokumen SKI, NKI, ataupun
Laporan Berkala dapat dilakukan dengan waktu lebih cepat. Dengan aplikasi ini
dimungkinkan setiap data yang dimasukkan atau diinputkan oleh seluruh karyawan
dapat ter-arsip dengan baik. Kemudian untuk pengguna dari bidang SDM dapat
melakukan proses pencarian data karyawan dengan cepat, mudah dan dapat mencetak
dokumen SKI atau NKI karyawan yang diinginkan’. Aplikasi SKI Online menjamin
keamanan dokumen dengan pembatasan/ personalisasi akses untuk setiap pengguna
Aplikasi. Hal ini dimungkinkan dengan penggunaan Sistem Operasi Windows 2000
Server (metoda NTFS – Network File System) dan DataBase Server menggunakan
Oracle 8.0. Disamping itu, tidak semua pengguna dapat mengupdate isi
dokumen-dokumen Aplikasi SKI Online, kecuali Administrator. Administrator
memiliki privilage yang tertinggi dalam aplikasi ini.
PokerStars Casino: Bonus code NJVIP for $1,000 + $10 Free
BalasHapusJoin PokerStars today 충청북도 출장안마 for exclusive $1,000 risk 울산광역 출장안마 free no deposit bonus! ⭐️ PokerStars Casino NJ gives 의정부 출장안마 $1,000 전주 출장마사지 bonus for new players 천안 출장마사지 only.